11/27/2010

PARAGRAF PENALARAN

NAMA : SIMON HALOMOAN
KELAS : 5KA16
NPM : 17109026
== Pengertian ==
Penalaran adalah proses berpikir yang bertolak dari pengamatan indera (observasi empirik) yang menghasilkan sejumlah konsep dan pengertian. Berdasarkan pengamatan yang sejenis juga akan terbentuk proposisi – proposisi yang sejenis, berdasarkan sejumlah proposisi yang diketahui atau dianggap benar, orang menyimpulkan sebuah proposisi baru yang sebelumnya tidak diketahui. Proses inilah yang disebut menalar.
== Contoh Paragraf (5 Paragraf) ==
Contoh 1 :
MINUMAN BERAKOHOL MENURUNKAN VOLUME OTAK http://www.apoteker.info Orang yang belum pernah meminum alkohol memiliki volume otak sebesar 78,6% terhadap volume tengkorak. Sedangkan orang yang pernah meminum alkohol namun sudah berhenti dari kebiasaannya memiliki volume otak yang lebih kecil, yaitu 78,2%. Volume otak ini menurun lagi untuk orang yang tidak terlalu sering minum alkohol (moderate drinkers), yaitu sebesar 77,8%. Volume otak yang terkecil dimiliki oleh para pemabuk berat (heavy drinkers), yaitu hanya 77,2%. * Pada paragraph diatas mengandung kalimat penalaran karena berisi fakta – fakta.
Contoh 2:
BANJIR GENANGI RIBUAN RUMAH Banjir====http://berita.liputan6.com/daerah/201001/257762/Banjir.Genangi.Ribuan.Rumah Arfan Yap Bano Liputan6.com Ribuan rumah di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Rabu malam terendam banjir akibat meluapnya Sungai Cikeruh, Citarik, Sungai Citarum serta sejumlah anak sungai. Wartawan ANTARA dari lokasi melaporkan, banjir dengan kedalaman antara 2,5 sampai 3 meter itu terjadi setelah hujan deras sejak pukul 14.00 WIB hingga senja hari. * Paragraf Diatas mengandung kalimat penalaran karena memuat fakta – fakta.
Contoh 3:
http://www.apoteker.info/Berita%20Terbaru/minuman_beralkohol.htm Para peneliti tersebut meneliti sekitar 1,2 juta wanita paruh baya di Inggris selama 7 tahun. Hasilnya menunjukkan bahwa minuman beralkohol menyumbang 13% peluang terserang kanker pada wanita-wanita ini. * Paragraf Diatas mengandung kalimat penalaran karena memuat fakta – fakta.
Contoh 4 :
Kebanjiran, SMA 8 Jakarta Bakal Direlokasi JAKARTA, KOMPAS.com - SMA Negeri 8 yang berlokasi di Bukitduri, Jakarta Selatan, akan direlokasi karena beberapa kali dilanda banjir. Dalam tiga tahun terakhir SMA unggulan itu beberapa kali didera luapan Sungai Ciliwung. Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Taufik Yudi mengatakan, lokasi baru SMA 8 berada di kompleks superblok Rasuna Epicentrum. Pihaknya sudah membicarakan rencana pemindahan sekolah itu dengan PT Bakrie Land Development, pengembang Rasuna Epicentrum. "Tinggal menunggu persetujuan gubernur untuk pemindahan SMA 8. Kami berharap tahun depan pemindahan dapat dilakukan," kata Taufik. Pembangunan gedung SMA 8 yang baru, kata Taufik, akan dibayar oleh pengembang, seba gai bagian fasilitas sosial yang harus diserahkan ke pemerintah. Karena tidak ada penggunaan dana APBD, pembangunan sekolah itu dapat berlangsung kapanpun, sesuai target Dinas Pendidikan. Direktur PT Bakrie Land Development Wawan Dwi Guratno membenarkan ada rencana pemindahan SMA 8 ke kawasannya. Pihaknya juga sedang menunggu persetujuan gubernur agar dapat segera membangun gedung sekolah yang baru. "Kami mengalokasikan lahan seluas 7.000 meter persegi untuk kompleks pendidikan, dari TK sampai SMA, termasuk SMA 8. Semua gedung sekolah itu akan kami bangun dan akan diserahkan ke Pemprov DKI sebagai kewajiban penyerahan fasilitas sosial dan fasilitas umum," kata Wawan.
Contoh 5 :
RSUD dr.Soetomo Belajar Cangkok Hati ke Tiongkok SURABAYA, KOMPAS.com - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Soetomo Surabaya mengirimkan sembilan dokter dan dua perawat ke China untuk belajar metode pencangkokan hati di Rumah Sakit Tianjin, Tiongkok. "Metode pencangkokan hati ini membutuhkan teknologi tinggi sebagai salah satu upaya penanganan kanker hati yang saat ini sangat dibutuhkan," ujar Direktur Utama RSUD dr Soetomo, Slamet Yuwono Riyadi saat di konfirmasi di Surabaya, Minggu (21/2/2010). Menurut Slamet, dengan permasalahan pasien kanker hati seringkali mendapatkan stigma vonis mati karena sulitnya penanganan pada penyakit ini. Dengan pelatihan pencangkokan hati ini, kata Slamet, diharapkan harapan hidup para pasien kanker hati semakin tinggi. Perlu diketahui, di Jatim telah terdata sekitar 800 anak-anak penderita kanker hati. Sedangkan, meski belum terdata, untuk penderita dewasa diperkirakan lebih tinggi jumlahnya karena faktor penyebabnya lebih banyak, seperti merokok, minum alkohol, dan minum kopi secara berlebihan. Karena itu, lanjuta dia, untuk mengatasi permasalahan ini, sembilan dokter dan dua perawat akan dikirimkan ke Rumah Sakit Tianjin, Cina untuk belajar tentang pencangkokan hati. "Mereka akan dipandu salah satu ahli pencangkokan hati, yaitu Prof Shen Zhongyang," katanya. Selanjutnya, setibanya kembali di Indonesia mereka langsung mempraktikkan metode tersebut dalam operasi pencangkokan hati di RSUD dr Soetomo pada pasien kanker hati asal Trenggalek, Jawa Timur Ramdhan Aldil Saputra (3). Rencananya, operasi akan dipimpin langsung Prof Shen Zhongyang. "Kalau bisa, kami upayakan operasi tak hanya untuk satu pasien saja, karena kedatangan ahli pencangkokan hati asal Tiongkok ini tak setiap waktu," pungkasnya.

No comments: