6/01/2010

PROFESI YANG BERPENGARUH DI BIDANG IT

Perkembangan teknologi saat ini kian pesat, IT pun menjadi sesuatu hal yang wajib di kuasai oleh berbagai kalangan agar bisa tetap bertahan di jaman seperti ini, dan IT sudah merambah di segala bidang. Baik yang komersil maupun yang tidak. Berkembangnya dunia IT sekaligus ikut memberikan kesempatan bisnis baru maupun lapangan pekerjaan yang baru.dan menurut penulis berdasarkan data dan pengalaman penulis ada tiga bisnis di bidang IT yang populer, diantaranya bisnis perangkat komputer, ISP, dan pembuatan aplikasi terutama aplikasi berbasis website. Bukan kabar burung lagi kalau sekarang kemampuan komputer semakin di perlukan untuk bertahan di era informatika saat ini,seiring penertasi komputer yang meningkat hingga pertahun nya, hal ini jelas-jelas membuat permintaan perangkat komputer semakin tinggi, dan bisnis di bidang jual beli perangkat komputer semakin subur. Seiring kebutuhan informasi yang sangat tinggi dan di dukung penertasi komputer yang berkembang pesat,kebutuhan internet pun sudah seperti kebutuhan pokok,bentar-bentar internet,mau hiburan internet, tugas kantor internet, belanja internet. internet bagi sebagian orang sudah sangat berarti, dan sekarang pun sudah merambah ke desa desa,dan internet juga merupakan faktor yang sangat berperan dalam meningkatkan pertumbuhan di segala bidang, baik pendidikan,ekonomi,sosial,politik, dan lain-lainya. Hal ini merupakan keuntungan bagi para pengusaha yang bergerak di bidang ISP,karena teknologi internet yang semakin banyak di butuhkan Internet yang semakin dibutuhkan dan semakin berkembang,membuat para pengguna internet ingin memaksimal kan pemanfaatanya, mereka pun akhirnya membuat website pribadi atau pun bukan,agar bisa beinteraksi dengan pengunjungnya, sehingga profesi sebagai programer maupun desain grafis semakin dibutuhkan. Perkembangan internet sebenarnya bukan hanya menguntungkan profesi di bidang IT saja, dari perusahan besar hingga toko kecil pun mendapatkan keuntunganya, omset mereka naik menjdi berkali lipat berkat internet kecuali toko saya, teknologi website yang pesat berkembang membuat aplikasi website pun semakin flexible dan berfungsi sesuai kebutuhan pemilik nya,website sendiri sudah dipakai di berbagai bidang dari bidang pendidikan hingga bisnis,dan saat ini kualitas website mereka semakin baik dan harga pembuatan website yang berkualitas semakin murah seiring persaingan dan kemudahan dalam membuat website meningkat. Berikut adalah 3 profesi IT yang sangat berpengaruh untuk prospek bidang IT kedepannya :
1. System Analyst memiliki kualifikasi, Pendidikan min S1. Pengalaman di bidangnya min 3 tahun. Usia maksimal 40 tahun. Mahir membuat software database windows / web sesuai kebutuhan perusahaan, pengolahan, dan maintenance database. Pengalaman mendevelop Business Intelligence/Datawarehouse/OLAP adalah sustu nilai tambah. Jujur, bertanggung jawab, cepat belajar hal-hal baru, ramah, berorientasi customer service, mampu bekerja mandiri dengan minimal supervisi maupun sebagai tim. Menguasai pemrograman visual windows dan web, programming (NET, VB, Delphi, PowerBuilder, Clarion, dll) dan konsep RDBMS (SQL Server/Oracle/MySQL/ASA, dll)
2. Network Administrator, kualifikasinya ialah D3 / S1 bidang Ilmu Komputer. Usia 25-30 tahun. Pengalaman di bidang IT Network / Network Administrator 2-3 tahun. Memahami LAN, WAN, Mailserver, PDC/BDC, Linux / Free BSD. Menguasai Linux Redora Server. Menguasai secara mendalam win2000 administration tool. Mengikuti perkembangan TI terkini. Memiliki motivasi kerja yang tinggi, energik, dan kreatif. Mampu berbahasa inggris aktif, lisan maupun tulisan. Tugas dan tanggung jawab antara lain maintain dan perawatan jaringan LAN. Archive data. Maintain dan perawatan computer
3. IT Programmer memiliki kualifikasi, Lulusan S1 Teknologi Informasi. Menguasai PHP, Java, OOP, MySQL, VB. NET/C#, C++. Pengalaman min 2 tahun. Mampu berbahasa inggris aktif, lisan maupun tulisan. Usia 20-30 tahun. Mampu melakukan Presentasi. Dapat bekerja dalam Tim. Tanggung jawab pada profesi ini adalah ambil bagian dalam pengembangan dan integrasi perangkat lunak. Mengembangkan secara aktif kemampuan dalam pengembangan perangkat lunak. Menerima permintaan user untuk masalah-masalah yang harus diselesaikan. Menyediakan dukungan dan penyelesaian masalah konsumen baik untuk konsumen internal maupun eksternal. Bertanggung jawab atas kepuasan terkini pelanggan. Melakukan tugas-tugas yang berkaitan dan tanggung jawab yang diminta, seperti dalam sertifikat dan menuruti rencana dasar perusahaan untuk membangun kecakapan dalam portfolio pruduk IBM. Mengerjakan macam-macam tugas terkait seperti yang diberikan Membentuk kekompakan maksimum dalam perusahaan bersama dengan rekan-rekan dalam perusahaan
Namun pengalaman akan sangat menentukan di dalam profesi yang telah di sebutkan di atas, pengalaman akan sangat berpengaruh untuk meningkatkan profesionalisme di luar pendidikan formal yang kita emban.

No comments: